Tanggung Jawab Dua Kata Penuh Makna




Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia yang terdapat di perpustakan nasional adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menaggung akibatnya.


Makna dari tanggung jawab itu sendiri ialah siap menerima kewajiban atau tugas. Dalam artian disini bahwa ketika seseorang diberikan kewajiban atau tugas, seseorang tersebut akan menghadapi suatu pilihan yaitu menerima dan menghadapinya dengan dedikasi atau menunda dan mengabaikan tugas atau kewajiban tersebut.

Ada pepatah mengatakan " Berani Berbuat Harus Berani Bertanggung Jawab".  Nah oleh karena itu betapa pentingnya dua kata ini.  tanggung jawab bukan untuk satu orang saja tapi untuk semua umat manusia yang  berani berbuat sesuatu.
karena banyak orang yang berani melakukan hal yang kita angap sangat tidak terpuji tapi dia tidak mau mepertanggung jawab kan perbuatannya , contohnya adalah KORUPTOR .

Banyak orang mengelak bertanggung jawab, karena memang lebih mudah menggeser tanggung jawabnya, daripada berdiri dengan berani dan menyatakan dengan tegas bahwa, “Ini tanggung jawab saya!” Banyak orang yang sangat senang dengan melempar tanggung jawabnya ke pundak orang lain.
Oleh karena itulah muncul satu peribahasa, “lempar batu sembunyi tangan”. Sebuah peribahasa yang mengartikan seseorang yang tidak berani bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri, sehingga dia membiarkan orang lain menanggung beban tanggung jawabnya. Bisa juga diartikan sebagai seseorang yang lepas tanggung jawab, dan suka mencari “kambing hitam” untuk menyelamatkan dirinya sendiri dari perbuatannya yang merugikan orang lain.

Coba kita lihat dari pandangan islam

“Tiap-tiap diri bertanggungjawab atas apa yang telahdiperbuatnya” . (Al Mudatstsir ayat 38)

“Setiap orang dari kamu adalah pemimpin, dan kamu bertanggung jawab atas kepemimpinan itu”. (Al-Hadits, Shahih Bukhari – Muslim)

Karena semua umat manusia pasti mempunyai Tanggung jawab terhadap Tuhan pencipta alam semesta yaitu Allah SWT. Tanggung jawab terhadap diri sendiri , Tanggung jawab terhadap keluarga,  Tanggung jawab terhadap masyarakat,  Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara.


sumber:  abra139210 
                  wuryanano
                  ikadi

1 comments:

seharusnya, tulisan dilengkapi dengan sumber-sumber or referensi yang mendukung. jd tdk semata-mata hanya tulisan aja...

Reply

Post a Comment