Proses Organisasi




1. Proses Mempengaruhi

    Suatu proses adalah setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh manajemen untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Sedangkan pengaruh menurut Scott dan Mitchell merupakan suatu transaksi social dimana seorang atau kelompok orang digerakkan oleh seseorang atau kelompok orang yang lain untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi. Dalam hal ini suatu pengaruh sangat berhubungan dengan kekuasaan dan wewenang. Yang dimaksud dengan kekuasaan adalah kemampuan untuk mempunyai pengaruh, sedangkan wewenang merupakan salah satu tipe dari kekuasaan.

Dalam proses mempengaruhi mencakup tiga unsure yaitu :

a. Orang yang mempengaruhi

b. Metode mempengaruhi

c. Orang yang dipengaruhi

    Metoda-metoda mempengaruhi tersebut, dilakukan dalam banyak konteks, hal ini benar terutama bila didasarkan pada kenyataan bahwa orang yang mempengaruhi dan orang yang di pengaruhi dapat ditafsirkan sebagai kelompok maupun individual. Oleh karena itu, daerah pengaruh mencakup hubungan-hubungan berikut :

~ Antara perseorangan

~ Kelompok dengan seseorang

~ Kelompok dengan kelompok

~ Seseorang dengan kelompok.



2. Proses pengambilan keputusan
     Pengambilan keputusan adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan oleh seseorang dalam usaha memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi,kemudian menetapkan salah satu alternatif yang dianggap paling rasional dan sesuai dengan sistem.Dalam suatu organisasi yang mengambil keputusan adalah manajer. Kualitas keputusan yang diambil oleh manajer merupakan ukuran dari efektivitas mereka.Setiap keputusan adalah hasil proses yang dinamis yang dipengaruhi oleh kekuatan yang banyak sekali. Proses pengambilan keputusan merupakan aktivitasyan berurutan dan bukannya sebagai serangkaian langkah. Kajian mengenai desain umum tentang proses pengambilan keputusan biasanya ditekankan pada keputusan yang tak terprogram.

Proses pengambilan keputusan yang dimaksudkan adalah :
I. Menetapkan tujuan dan sasaran khusus dan mengukur hasilnya,
II. Identifikasi permasalahan,
III. Mengembangkan alternatif,
IV. Mengevaluasi alternatif,
V. Memilih alternatif,
VI. Melaksanakan keputusan, serta
VII. Pengendalian dan penimbangan

Sumber :
http://megasuryonop.blogspot.com/2012/04/proses-organisasi-dua-aspek-utama.html
http://miftapato.blogspot.com/2012/06/bab-6-proses-organisasi.html
Sumber gambar :
gambar 1 : http://mustainronggolawe.wordpress.com/2012/11/21/ulasan-tentang-proses-organisasi/

Post a Comment