Tutorial Membuat Relasi Antar Tabel di MySQL dengan SQLyog dan XAMPP

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagamana sih cara membuat relasi antar tabel pada MySQL dengan SQLyog sebagai editor dan XAMPP untuk mengaktifkan MySQL dan Apache. Saya akan mengulas sedikit tentang apa itu MySQL, MySQL adalah Relational Database Management Sistem (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL  (General  Public  License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat closed source atau komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language).
Oke cukup untuk penjelasan singkat tentang MySQL, Sekarang saya akan menjelesakan langkah-langkah membuat relasi antar tabel di MySQL dengan SQLyog dan XAMPP.

Langkah Pertama

Langkah pertama adalah degan mengaktifkan XAMPP seperti gambar dibawah ini. dan mengklik start pada apache dan MySQL. Bila kalian belum mempunyai aplikasi XAMPP dapat kalian download dahulu di google.


setelah muncul tulisan running kalian harus menuju aplikasi SQLyog sebagai editor untuk membuat database, membuat tabel, menambahkan record dan melakukan relasi antar tabel. Bila kalian belum mempunyai aplikasi tersebut dapat kalian download dahulu di google.




Langkah Kedua

Setelah masuk ke dalam aplikasi SQLyog, langkah selanjutnya adalah membuat database dengan nama kampus. seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut:



Setelah database kampus dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat tabel. Disini kita akan membuat 3 tabel beserta recordnya, tabel yang harus dibuatnya tabel mhs, tabel matkul dan tabel nilai. penjelasan mengenai cara membuat tabel dan menambahkan data pada tabel dapat dilihat sebagai berikut:

            1.  Tabel mhs





          2. Tabel matkul





            3. Tabel nilai






Langkah Ketiga

Setelah selesai membuat ketiga tabel tersebut beserta menambahkan data pada masing-masing tabel. langkah selanjutnya adalah membuat stetmen relasi antar ketiga tabel tersebut.

SELECT nama, kelas, nama_matkul, nilai, skas
FROM mhs, matkul, nilai
WHERE mhs.npm = nilai.npm
AND matkul.kd_matkul = nilai.kd_matkul;

Logika : 
perintah select berfungsi untuk menampilkan data, jadi disini kita akan menampilkan nama, kelas, nama_matkul, nilai dan sks. Dari tabel mhs. tabel matkul dan tabel nilai. dengan kondisi npm pada tabel mhs sama dengan npm pada tabel nilai dan id_maku pada tabel matkul sama dengan id_matkul pada tabel nilai. 




Selesai !!! 
Hanya ini yang bisa saya jelaskan unyuk kalian semua, bila ada kekurangan mohon dimaafkan dan bila kurang mengerti dapat ditanyakan pada kolom komentar.


Sumber: 
[1]   Madcoms. 2009. Meguasai XHTML, CSS, PHP dan MySQL Melalui Dreamweaver. Yogyakarta: Andi Publisher.


Post a Comment