PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pada
saat ini, peranan
desain dalam segala
bidang usaha sangat dibutuhkan. Karena desain adalah
proses awal atau rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu
benda. Tanpa adanya sebuah desain dapat di mungkinkan segala sesuatu menjadi kurang menarik. Oleh
karena itu desain haruslah memiliki unsur kreatifitas dan inovasi agar lebih
menarik.
Sebagian
besar orang pasti mengetahui atau minimal pernah mendengar kata desain. Tapi
banyak yang belum mengerti apa itu desain, prinsip desain dan lain-lain yang
berkaitan dengan desain. Maka dari itu. Melalui makalah ini, kami selaku
penulis ingin menjelaskan tentang desain.
1.2
Rumusan Masalah
Melihat dari latar belakang masalah , maka di
dapat rumusan masalah pada desain :
1.
Pengertian desain
2.
Prinsip desain
3. Ide dalam membuat design
4. Contoh desain dalam kehidupan sehari-hari
5.
Desain
grafis
1.3
Tujuan
Tujuan
penulisan makalah ini adalah untuk menginformasikan kepada pembaca tentang
desain, prinsip desai, ide dalam membuat desain, contoh desain dalam kehidupan
sehari-hari, dan desian grafis.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Desain
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, dan berbagai
pencapaian kreatif lainnya.Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan
baik sebagai kata benda maupun kata kerja.Sebagai kata kerja, “desain” memiliki
arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda,
“desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik
itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Pada dasarnya desain merupakan
pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda. Desain merupakan
langkah awal sebelum memulai membuat suatu benda, seperti baju, website,
bangunan, dll. Pada saat pembuatan desain biasanya mulai memasukkan unsur
berbagai pertimbangan, perhitungan, cita rasa, dll. Sehingga bisa dibilang
bahwa sebuah desain merupakan bentuk perumusan dari berbagai unsur termasuk
berbagai macam pertimbangan di dalamnya
Berikut ini adalah pengertian dan definisi
desain:
1.
Dudy Wiyancoko , “Desain adalah segala hal
yang berhubungan dengan pembuatan konsep, analisis data, project planning,
drawing/rendering, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test
riding”.
2.
Dedi Nurhadiat, “Desain adalah perencanaan
untuk mewujudkan suatu gagasan’.
2.2 prinsip desain
Prinsip-prinsip desain membantu menentukan
bagaimana menggunakan elemen desain. Prinsip-prinsip desain membantu anda untuk
menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik. Ada lima
prinsip desain: Keselarasan
(Harmoni), Kesebandingan (Proporsi), Irama (Ritme), Keseimbangan
(Balance), Penekanan (Emphasis)
A. Keselarasan (Harmoni)
Keselarasan merupakan prinsip desain yang diartikan
sebagai keteraturan tatanan diantara bagian-bagian suatu karya. Keselarasan
dalam desain merupakan pembentukan unsur-unsur keseimbangan, keteraturan,
kesatuan, dan perpaduan yang masing-masing saling mengisi dan menimbang.
Keselarasan (harmoni) bertindak sebagai faktor pengaman untuk mencapai
keserasian seluruh rancangan penyajian.
B. Kesebandingan (Proporsi)
Kesebandingan (proporsi) merupakan hubungan
perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau bagian dengan elemen
keseluruhan.
Kesebandingan dapat dijangkau dengan
menunjukkan hubungan antara:
1. Suatu elemen dengan elemen yang lain,
2. Elemen bidang/ ruang dengan dimensi
bidang/ruangnya,
3. Dimensi bidang/ruang itu sendiri.
Dalam grafis komunikasi, semua unsur berperan
menentukan proporsi, seperti hadirnya warna cerah yang diletakkan pada
bidang/ruang sempit atau kecil.
C. Irama (Ritme)
Irama (ritme) dapat kita rasakan. Ritme
terjadi karena adanya pengulangan pada bidang/ruang yang menyebabkan kita dapat
merasakan adanya perakan, getaran, atau perpindahan dari unsur satu ke unsur
lain. Gerak dan pengulangan tersebut mengajak mata mengikuti arah gerakan yang
terjadi pada sebuah karya.
D. Keseimbangan (Balance)
Tujuan utama sebuah karya diskomvis adalah
menarik dilihat. Disain komunikasi visual sebagai media komunikasi yang
bertujuan untuk mentransfer informasi secara jelas sekaligus estetis memerlukan
keadaan keseimbangan pada unsur-unsur yang ada di dalamnya.
Bentuk keseimbangan yang sederhana adalah
keseimbangan simetris yang terkesan resmi atau formal, sedangkan keseimbangan
asimetris terkesan informal dan lebih dinamis.
Keseimbangan dipengaruhi berbagai faktor,
antara lain faktor tempat posisi suatu elemen, perpaduan antar elemen, besar
kecilnya elemen, dan kehadiran lemen pada luasnya bidang.
Keseimbangan akan terjadi bila elemen-elemen
ditempatkan dan disusun dengan rasa serasi atau sepadan. Dengan kata lain bila
bobot elemen-elemen itu setelah disusun memberi kesan mantap dan tepat pada
tempatnya.
E. Penekanan (Emphasis)
Dalam setiap bentuk komunikasi ada beberapa
bahan atau gagasan yang lebih perlu ditampilkan dari pada yang lain. Tujuan
utama dalam pemberian penekanan (emphasis) adalah untuk mengarahkan pandangan
pembaca pada suatu yang ditonjolkan. Emphasis dapat dicapai misalnya mengganti
ukuran, bentuk, irama dan arah dari unsur-unsur karya desain.
2.3 Ide dalam membuat design
Salah satu sumber ide adalah imajinasi. Imajinasi, menurut
Jack Stoops dan Jerry Samuelson, adalah kekuatan dari dalam diri kita yang
memperbolehkan kita untuk mengalami apa yang telah kita alami, apa yang akan
kita alami, dan apa yang tidak akan kita alami; imajinasi dapat menembus
batasan ruang, waktu dan realitas. Imajinasi dapat membawa kita ke alam fantasi
melalui dunia mimpi, yang sebenarnya adalah cermin dari keinginan dan pemikiran
kita yang paling dalam.
Strategy yang membantu kita bermain-main dengan daya
imajinasi kita untuk memancing ide-ide baru melalui pembentukan bentuk baru,
yaitu :
1. Seleksi
adalah proses pensortiran dimana kita menfokuskan pandangan kita ke satu bentuk tertentu untuk diobsevasi. Observasi meliputi perhatian detail terhadap bentuk, warna, cahaya, bahan, bagian-bagian daripada benda tersebut. Dengan observasi yang baik kita dapat menemukan bentuk-bentuk baru yang terdapat pada benda tersebut.
2. Alteration (perubahan)
adalah perubahan yang dilakukan pada sebuah benda sehingga tercipta sebuah benda yang baru. Penggabungan dua elemen yang berbeda, dapat menciptakan suatu bentuk baru. Apel dan resleting adalah dua elemen yang berbeda, penggabungan keduanya dan alterasi dari bentuk apel menghasilkan suatu bentuk baru yang mempunyai nilai dan arti baru.
3. Abstraksi
adalah pensederhanaan bentuk sehingga tercipta bentuk yang baru.
4. Spontanitas
adalah pencatatan semua ide yang terlintas ke dalam bentuk visual, atau dapat juga disebut dengan brainstorming. Dengan demikian tanpa kita sadari kita juga membuat alterasi ide yang satu menjadi ide baru dan mengem¬bangkannya terus sehingga me¬nemukan ide yang terbaik.
2.4 Tantangan dalam
membuat design
Tantangan yaitu suatu
rintangan atau suatu hambatan dalam pembuatan desain . umumnya seseorang yang
mendapatkan suatu hambatan dalam membuat desain akan merasa terganggu dalam
proses pembuatan desain itu sendiri, tapi tidak sedikit orang yang dalam proses
pembuatan desain yang mendapatkan hambatan itu bisa menjadi sebuah ide pada
desain yang ia rancang. jadi tergantung bagaimana cara pandang kita dalam
menghadapi suatu tantangan. Tantangan dalam membuat design Antara lain: Proses
pembuatan. Metoda merancang. Produk yang dihasilkan (rancangan). Serta disiplin
ilmu yang digunakan (disain).
2.5
Contoh Desain Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Advertising (Periklanan)
Periklanan
merupakan salah satu penggunaan yang paling menguntungkan grafis, seniman
sering melakukan pekerjaan iklan atau mengambil iklan
potensial ke account saat membuat seni, untuk meningkatkan peluang penjualan
karya seni. Sebagai contoh : Membuat kartu nama, Desain Kaos (T-Shirt)
Business (Bisnis)
Grafis
yang umum digunakan dalam bisnis dan ekonomi untuk membuat diagram
keuangan dan tabel. Istilah Usaha Graphics mulai dipakai pada akhir tahun 1970,
ketika komputer pribadi menjadi mampu menggambar grafik dibandingkan
menggunakan format tabel. Bisnis Grafik dapat digunakan untuk menyoroti
perubahan selama jangka waktu tertentu.
Political (Politik)
Penggunaan
grafis untuk terang-terangan politik (kartun, grafiti, seni poster, desain
bendera,dll) adalah praktek berabad-abad lama yang berlangsung hingga hari ini
di setiap bagian dunia. “The mural Irlandia Utara” adalah salah
satu contohnya. Seni melukis di dinding atau tembok yang menceritakan konflik
sejarah selama 35 tahun terakhir di Irlandia Utara.
Education (Pendidikan)
Grafis
yang banyak digunakan adalah dalam buku teks , terutama yang menyangkut mata
pelajaran seperti geografi, sains, dan matematika untuk menggambarkan teori dan
konsep, seperti anatomi manusia . Diagram juga digunakan untuk label foto dan
gambar. Dalam rangka edukasi, grafis berfungsi secara efektif sebagai bantuan
pendidikan dan pelajar harus mampu menafsirkannya dengan baik.
Film
and animation (Film dan animasi)
Komputer
grafis sering digunakan dalam sebagian besar film ber-fitur baru, terutama bagi
Film dengan anggaran yang besar. Film-film yang banyak menggunakan komputer
grafis diantaranya ada Doraemon, Upin -Ipin , Harry Potter,
Spider Man dan masih banyak lagi lainnya.
2.6 Desain
grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakangambar untuk menyampaikan informasi atau
pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena
merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis
diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya,
disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual,
termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi,
pengolahan gambar, dan tata letak.
2.6.1 filosofi
desain
Sebuah filosofi desain adalah panduan
untuk membantu membuat pilihan saat merancang, seperti Elemen visual
ekonomi , metode re-desain dan Jelas dan terorganizir dengan baik. Sebuah
contoh dari filosofi desain adalah "perubahan dinamis" untuk mencapai
tampilan elegan atau bergaya yang Anda butuhkan.
2.6.2 Prinsip Desain Grafis
Desain
grafis memiliki enam buah prinsip yang mendasar. Prinsip-prinsip tersebut
adalah sebagai berikut :
1.Metaphor
(Metafora)
Metaphor
atau metafora adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang
tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan
elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan. Metafora akan membuat
para pengunjung seolah-olah berada di tempat yang sebenarnya, atau bisa
dikatakan juga bahwa metafora dibuat mirip seperti tempat yang dikunjungi.
Contohnya, website suatu toko online yang memiliki metafora, dimana pengunjung
dibawa ke tempat seolah-olah mereka benar ada di toko online tersebut.
2.Clarity
(Kejelasan)
Harus
ada alasan yang kuat/masuk akal dan jelas mengapa menggunakan setiap elemen
yang berada dalam suatu interface yang kita buat,contohnya dalam peletakan
suatu button,pembuat harus memiliki alasan mengapa diletakkan di tempat
tersebut. Penggunaan elemen yang lebih sedikit akan lebih baik.
3.Consistency
(Ketetapan)
Konsistensi
dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography (model form yang digunakan
pada suatu website), teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun
antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform
mungkin memiliki panduannya.
4. Alignment
(Perataan)
Untuk
perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Pada umumnya suatu teks
pada website dimulai dari kiri atas (left alignment), dimana left alignment
akan mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah. Selain itu
dengan menggunakan bantuan garis akan membantu dalam hal perataan. Sembunyikan
garis horizontal dan vertical untuk membantu mengalokasikan komponen
window/jendela. Garis juga membantu menghubungkan hal-hal yang berhubungan dan
memudahkan perataannya.
5. Proximity
Item-item
yang berkaitan yang ditampilkan bersama pasti memiliki hubungan karena jarak
yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antara item-item tersebut.
6. Contrast
(Keserasian Tampilan)
Keserasian
tampilan yang akan membuat pengunjung web tertarik pada web tsb. Kontras juga
dapat memandu mata pengunjung untuk melihat keseluruhan interface. Keuntungan
dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu
interface. Kontras digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat
digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi
highlight. Dengan mempergunakan geometri dapat membantu pengurutan. Kontras
juga mendukung skimming secara cepat.
2.6.3 Pembuatan
User Interface
Antarmuka pemakai (User Interface)
merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka
pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan
memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur
penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Digunakan untuk mempermudah
user dalam mengkomunikasikan bentuk disain kedalam sebuah gambar, tulisan dsb.
Contoh
konsep luas user
interface mencakup aspek interaktif sistem operasi komputer,
perkakas tangan, operator
kontrol mesin berat. dan proses kontrol. Pertimbangan desain yang berlaku saat
membuat user interface berkaitan dengan ergonomik dan psikologi.
User
interface yang ada untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara :
- Input, memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sistem.
- Output, memungkinkan sistem untuk menunjukkan efek
manipulasi pengguna.
User Interface ada dua jenis, yaitu :
- Graphical User Interface (GUI) : Menggunakan unsur-unsur multimedia
(seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna.
- Text-Based : Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk
memberikan perintah.
2.6.4 Tipografi (Typography)
Tipografi (Typography) berasal
dari kata Yunani Typos = bentuk dan graphein =
menulis, merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan
pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, menggunakan gabungan
bentuk huruf cetak, ukuran huruf, ketebalan garis, spasi antar huruf, garis
pandu dan jarak antar baris. Sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan
kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Mengapa Tipografi penting
untuk dipahami dalam Desain Grapik ? Karena Tipografi (pengaturan
huruf) mempengaruhi banyak hal : sebagai contoh estetika dari tampilan penulisan
blog, kesan yang di tampilkan blog, hingga yang terpenting keterbacaan
blog. Jika Blog yang pengaturan huruf nya
baik, kesan yang di tampilkan baik, tingkat
keterbacaannya tinggi. Maka, secara tidak langsung pengunjung akan
nyaman dalam membaca konten blog anda dan betah membacanya.
2.6.5 Fonts
Fonts
adalah kumpulan lengkap dari karakter / huruf dalam satu bentuk desain, ukuran
(size), dan gaya (style). Font menjadi sangat penting karena mewakili isi yang
akan disampaikan oleh pemberi pesan, dengan font tersebut desainer dapat
menuangkan pesan yang ingin disampaikan. Agar pesan dapat sampaikan
dengan lebih efektif kepada pembaca pesan maka perlu diperhatikan
pemilihan jenis font yang tepat dengan isi pesan yang ingin disampaikan. hal
ini sangat penting karena font yang dipilih dapat mewakili atau menggambarkan
isi pesan yang disampaikan. Dahulu, Istilah Font dipergunakan pada
balok-balok huruf yang biasa dipergunakan untuk keperluan percetakan, namun kini
istilah Font lebih sering dipergunakan di komputer.
Secara
garis besar huruf-huruf digolongkan menjadi:
Roman,
pada awalnya adalah kumpulan huruf kapital seperti yang biasa ditemui di pilar
dan prasasti Romawi, namun kemudian definisinya berkembang menjadi seluruh
huruf yang mempunyai ciri tegak dan didominasi garis lurus kaku.
Serif,
dengan ciri memiliki serif di ujungnya. Selain membantu keterbacaan, serif juga
memudahkan saat huruf diukir ke batu. Contoh penggunaan huruf serif di nisan
Johanna Christine, Museum Taman Prasasti
Egyptian,
atau populer dengan sebutan slab serif. Cirinya adalah kaki/sirip/serif yang
berbentuk persegi seperti papan dengan ketebalan yang sama atau hampir sama.
Kesan yang ditimbulkan adalah kokoh, kuat, kekar dan stabil. Salah satu contoh
huruf slab serif di nisan Thomas de Souza, di pintu masuk Museum Taman Prasasti
Sans
Serif, dengan ciri tanpa sirip/serif, dan memiliki ketebalan
huruf yang sama atau hampir sama. Kesan yang ditimbulkan oleh huruf jenis ini
adalah modern, kontemporer dan efisien.
Script,
merupakan goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas atau pensil tajam
dan biasanya miring ke kanan. Kesan yang ditimbulkannya adalah sifast pribadi
dan akrab.
Miscellaneous,
merupakan pengembangan dari bentuk-bentuk yang sudah ada. Ditambah hiasan dan
ornamen, atau garis-garis dekoratif. Kesan yang dimiliki adalah dekoratif dan
ornamental.
2.6.6 Warna (atribut, asosiasi)
Warna (atribut, asosiasi)
Warna dapat didefinisikan secara
obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara
subyektif/psikologis sebagai bagian dari pengalaman indera pengelihatan. Secara obyektif atau fisik, warna dapat diberikan oleh panjang
gelombang. Dilihat dari panjang gelombang, cahaya yang tampak oleh mata
merupakan salah satu bentuk pancaran energi yang merupakan bagian yang sempit
dari gelombang elektromagnetik.
2.6.7
Desain Icon
Desain icon adalah proses merancang
grafik simbol yang mewakili beberapa fantasi atau motif abstrak
yang nyata, entitas atau tindakan. Dalam konteks aplikasi perangkat lunak
ikon merupakan suatu program , fungsi, data atau pengumpulan data
pada komputer sistem.
Jadi,desain Ikon dapat dinikmati sederhana
dengan gambar datar 2D atau silhuette hitam, atau kompleks yang menyajikan
kombinasi dari elemen desain grafis seperti satu atau lebih warna gradien
linier
BAB
3
PENUTUP
3.1
KESIMPULAN
Desain adalah segala hal yang
berhubungan dengan pembuatan konsep, analisis data, project planning,
drawing/rendering, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test
riding”.
Prinsip-prinsip
desain membantu menentukan bagaimana menggunakan elemen desain, yaitu terdiri
dari :
A. Keselarasan (Harmoni)
B. Kesebandingan (Proporsi)
C. Irama (Ritme)
D.
Keseimbangan
(Balance)
E.
Penekanan (Emphasis)
Ide dalam membuat design bisa melalui pemikiran dan
dengan lingkungan yang berada sekitar kita.
Tantangan dalam membuat design adalah suatu
rintangan atau suatu hambatan dalam pembuatan desain.
Contoh Desain Dalam Kehidupan
Sehari-Hari
·
Advertising (Periklanan)
·
Business (Bisnis)
·
Political (Politik)
·
Education (Pendidikan)
·
Film
and animation (Film dan animasi)
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau
pesan seefektif mungkin
Prinsip
Desain
grafis memiliki enam buah prinsip yang mendasar. Prinsip-prinsip tersebut
adalah sebagai berikut :
1.Metaphor
(Metafora)
2.Clarity
(Kejelasan)
3.Consistency
(Ketetapan)
4. Alignment
(Perataan)
5. Proximity
6. Contrast (Keserasian Tampilan)
Pembuatan User Interface
Antarmuka pemakai (User Interface)
merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem.
User Interface ada dua jenis, yaitu :
1.
Graphical
User Interface (GUI) : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar,
suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna.
2.
Text-Based
: Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.
Tipografi (Typography)
Mengapa Tipografi penting untuk
dipahami dalam Desain Grapik ? Karena Tipografi (pengaturan
huruf) mempengaruhi banyak hal : sebagai contoh estetika dari tampilan
penulisan blog, kesan yang di tampilkan blog, hingga yang
terpenting keterbacaan blog.
Fonts adalah
kumpulan lengkap dari karakter / huruf dalam satu bentuk desain, ukuran (size),
dan gaya (style).
Secara garis besar
huruf-huruf digolongkan menjadi:
·
Roman
·
Serif
·
Egyptian
·
Sans
Serif
·
Script
·
Miscellaneous
Warna (atribut, asosiasi)
Warna dapat didefinisikan secara
obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara
subyektif/psikologis sebagai bagian dari pengalaman indera pengelihatan
Desain Icon adalah proses merancang grafik simbol yang
mewakili beberapa fantasi atau motif abstrak yang nyata, entitas atau
tindakan.
DAFTAR
PUSTAKA
3 comments
terima kasih banyak atas informasinya, bermanfaat banget
Replyhttp://kaffah.biz/
Trims infonya, artikel yang menarik..
ReplyTerimakasih atas referensi makalahnya, sangat membantu dan bermanfaat. :D
ReplyPost a Comment